Kerusakan Epson R230

img_1011Seharian ini aku sampai gak sempet ngapa-ngapain. Huh emang agak sebel sih. Printer ku bermasalah. Udah satu stengah tahun aku pake printer EPSON R230 ini untuk cetak photo dan untuk keperluan lainnya. Selama ini gak pernah ada masalah yang serius seperti yang aku alami sekarang ini. Kemarin kemarin printerku ini kerusakannya sekedar blinking atau chip nya rusak emang udah pernah.
Tapi ini bukan masalah yang berarti dan aku bisa menyelesaikannya dengan gampang. Misalnya blinking karena counternya bisa kita reset dengan program reseter untuk epson. Program reseter untuk epson ini bisa di Download Disini. Atau mungkin untuk masalah yang pernah aku alami adalah chip untuk Black dan 1 chip untuk warna mati. Untuk masalah ini bisa diselesaikan dengan beli chipnya seharga Rp 30.000.(epsonku udah Pake infuse)Jadi kalau mati chipnya kita bisa belikan chip itu dan kita pasang. Maka printer itu akan kembali normal. Itu seperti yang pernah aku alami. Namun kali ini masalahnya lain. Printerku ada garis datar bila di pake buat ngeprint gitu. Kalau Di tes Dengan nozzle cek itu di bagian atas ada garis panjang gitu. Aku dah coba clean head beulang kali sampai tinta pembuanganku di belakan pun penuh. tapi hasilnya tetap sama aja. Pernah sih aku coba nanya-nanya temenku dengan masalah seperti itu. Dan temenku bilang itu kemungkinan Headnya yang dah minta ganti. Aku pun coba tanyakan ini ke bengkel printer dan jawabannya sama. Kemungkinan headnya, Head untuk printer Epson R230 katanya sekitar 1 juta. Hehehe mahal banget e.Yah bagi kamu-kamu di luar sana yang punya solusi untuk masalh ini share disini ya…!!!
akirnya printerku gak aku pake. Untungnya aku ada dua printer R230. Jadi aku masih bisa nglakuin aktivitas seperti biasa.

54 Responses

  1. mau nanya nieee??
    saya pakek printer r230 udah di infus….tp wkt saya print head nozzle chek nya bgsss…. tp wkt saya print photo bergaris…udah saya ganti head,cartridge,dan sensor tinta tetap ja hasil sama…. tolong solusi nya ?????

  2. kalau untuk nozle cekk udah normal semua garis-garisnya, biasanya untuk nyetak atau ngeprint photo udah bagus. coba aja sayed print pake kertas HVS banyak banyak, sampae nanti bisa dapat hasil yang bagus. Jangan sering di head cleaning. sebab bisa cepet aus headnya. oke semoga bermanfaat

  3. Assalamu’alaikum. nuwun sewu, nanya mbah…
    printer r230 punya saya dua tombol warna merahnye blinking. apa pake resetter tadi tok cer tuk ngatasin masalah ku.
    Nuwun

  4. Wa’alaikumsalam Dinul untuk kasus itu biasanya aku pake reseter eppson. bisa kok. di coba lagi aja. di reset counternya smua.

  5. sy punya epson r230,skg bermasalah. apabila mau menarik kertas, dan kertasnya tidak tertarik, kedua lampu merahnya berkedip2. akhirnya harus di offkan….
    mohon solusinya

  6. Kalau seperti itu berarti yang bermasalah pada rolernya. coba aja di bersihkan duluuu dari debu debu yang menempel. saya juga pernah ngalamin hal yang sama.tapi aku cuma aku bersihin trus rolernya aku amplas pelan pelan hanya untuk membuat kesan kasar pada roler itu. oke di coba aja dulu semoga bermanfaat. makasih juga udah mampir

  7. assalamu’alaikum
    epson r230 ku waktu dinyalain setelah cleaning trus lampu merahnya dua-duanya nyala berkedip bersama. bisa bantu solusinya ………..
    trims buanget sbelumnya….

  8. Buat raflii. kalau berkedip, coba di buka lagi. maksudnya itu di lepas catridnya trus dipasang lagi. kalau misalnya tetep gak mau bisa kamu coba dengen reseter. biasanya bisa. silahkan di coba

  9. mas tinta q ga kluar babar blas ntu knp ya??? udah di cleaning berkali-kali tapi hasilya nol… cara atasinya gimana ya mas… mohon bantuanya… trims sebelumnya

  10. Kalau tinta gak keluar itu adabanyak kemungkinan e. bisa aja ada tinta yang mengering di kepala head. jadi mampet. tau mungkin bisa juga tempat tintanya itu yang bermasalah. jadi di cek lagi aja pake catrid yang asli. kalau tetep gak bisa berari masalahnya di headnya.

  11. assalamu’alaikum..mas epson saya klo dinyalahkan lampu merahnya langsung menyalah kedip2 dua2nya gantian,tolong solusinya ya

  12. mbah tolong donk,ni printer r230 saya lampunya berkedip secara bergantian udah di resett g da perubahan, malah erorr,piye mbah???

  13. kalau blinkking itu banyak sebabnya. bisa paper jam, bisa katridnya mati. makanya harus di cek satu2. coba pake katride aslinya. kalau tetep gak bisa coba di riset lagi .

  14. coba katridnya di ganti. kalau gak mau coba di reset

  15. assalamu’alaikum
    saya punya printer epson r230, kalau dinyalakan normal, kalau udah di buat ngeprint awalnya lancara, tapi belum sampai selesai tiba tiba berhenti/gak mau jalan dan dua lampu nyala bersamaan.
    bagaimana solusinya?
    trima kasih

  16. assalamu’alaikum !
    maaf mas! aq mau nanya.
    aq punya printer r230,
    kalau dibuat ngeprin normal, tapi belum sampai selesai printer berhenti dan lampunya nyala bersamaan.
    bagaimana solusinya
    trimakasih
    wassalamu’alaikum !

  17. kang ali imron, kalau untuk kasus yang seperti itu aku sendiri belum pernah mengalaminya. cuma aku pernah ngalamin hampir mirip seperti itu. tapi itu masalahnya karena aku pake USB HUB. jadi misalnya kang imron conek nya pake USB HUB, coba di konek langsung aja ke CPU. tapi kalau gak mau coba di reset kang pakae shoftware ini

  18. Saya punyaepson R230 tiba-tiba tidak bisa nyala powernya, kenapa ya?

  19. kemungkinan sumber listriknya kalau sama sekali gak nyala.coba di cek sumber powernya bos

  20. aku juga mo beli headnya r230, ada yg jual gk? brp hrgnya?

  21. kalau gak salah kemarin ada temen beli pak… harganya 1 jutaan lebih.

  22. KK’ KK’..aku mau tanya nih, printerku epson R230,,aku pakai udah setahun dalam pemakaian wajar dan ndak ada masalah, tapi tiba-tiba kok hasilnya jadi penuh warna biru kayak bocor gitu ..tapi tak lihat headnya ndak apa-apa ndak bocor..kira-kira apanya ya??mohon pencerahannya

  23. Pepen kalau misalnya itu di infusss, coba di lihat tinta di selangnya. putus putus ngak, kalau putus putus coba di benerin, nah tapi bisa juga itu memang headnya yang udah aus bosss.trims

  24. baru tadi siang epson r230ku dibawa ke cempaka mas (kondisi dah diinfus), awalnya cuma ga jalan warna biru sm hitamnya trus aku cuci printheadnya pake isopropanol stelah itu malah ga jalan semuanya… trus kata tukang servisnya yang rusak klo ga motherboarnya atau printheadnya… kira2 bener gitu ga ya mbah… trus kalo chipnya itu ada disebelah mana sih mbah, mungkin awalnya kemarin cuma chip itu kali yg bermasalah….

  25. solusi blingking lampu merah bebarengan gimana,sudah di reset tapi balik lagi

  26. kulonuwon……mbah mo tanya, r230 lok bwt ngprint narik kertasnya udah ga normal harus dibantu ngepasin pas rollernya n kadang2 mandeg trus bunyi tuuuutt….
    kadang-kadang juga stelah kertas dikluarin bunyi gubrak….
    gmn tuh….mhon dibantu ya…..? Matur tenkyu…….

  27. Ass..
    Mas Epson R230 saya lampu merah tinta nya nyala terus.Klo lampu kertas ama tintanya nyala bergantian udah pernah tapi masih bisa di atasi tapi ni cuma lampu tintanya doank.Udah direset berkali2 tapi gak mau2 juga tetep aja minta ganti catridge warna magenta ama cyan, gimana donk.Ditunggu jawabannya..Tks

  28. Salam..

    mbah aku punya printer r230, ku pake usaha cetak foto, blum ada setahun.. kalo print text biasa masih bagus sieh…
    tp hasil cetak fotonya udah buram / mbalur2 gitu….
    nozel check nya jg lengkap semua garis2nya…
    mohon solusinya ya….

    terimakasih..,
    wsalam..,

  29. kang q lg ada maslah dg R230 tinta ke 6nya gak keloar saat d pakai ngprin ituy gmn kang………………….? tank ya…………..

  30. bos bagai mana cara mengatasi printer epson r230 ga mau jalan lampu tintanya sama lampu sampahnya nyala2 bagaimana cara mengatasinya?

  31. kk’ kk’..mo tny…printer tinta light magenta r230 Q sering g’ mo keluar..klo di nozzzzzkle cek garis na putus..tapi klo udah di claning bagus lage trus klo ngeprint paling2 cm dapet photo ukuran jumbo tp udah itu tinta na ngambek lage…tolong donX solusinya gimana????
    makasih……

  32. epsonku masih tetep blind lampunya padahal dah tak resset dengan ssc biasanya bisa kok sekarang gak bisa kenapa ya?, terus nyoba resset adjusment tapi gak ada hasil juga. bos minta cara yang pas dong untuk printerku, makasih

  33. printer saya epson r230.
    sering muncul pesan service required, itu kenapa boz??

  34. printer saya epson r230
    saya mau nanya, printer saya yang warna light cyan setelah saya kasih cairan cleaner trus saya cleaning maka hasilnya bagus tapi ketika sudah 12 jam warga light cyan gak muncul lagi, kenapa ya???

  35. yap..problem saya juga ni tinta blass gak kluar yang lbih pusing ada dua prntr R230 dirumah keduanya sama2 tinta tak mau keluar,temen2 tolong dong solusinya,

  36. coba di ganti chip nya kalau udah di infus. chip yang nempel di catridnya

  37. chipnya itu yang nempel di bagian catrid itu. ya bisa jadi, karena chip itu walaupun kecil, tapi itukan yang memberi perintah ke mainboard

  38. ganti roll kemungkinan bisa

  39. mas minta bantuannya dong printer saya epson R230
    kedua lampunya berwarna merah dan nyalanya pun secara bersamaan, saya udah coba reset tapi ngga bisa, minta dong solusinya mas

  40. kang mas…..
    aku punya printer r230….
    kalau di hudupkan dia normal….
    tapi kalau di prin dia langsung eror….
    mohon solusinya ya kang mas…..
    hohohohohohoh

  41. kalo mau beli chipnya itu di mana? trus cara masangnya gmana. r230 ku warna hitamnya yang g mau keluar gara2 di head cleaner… solusinya gimana…. terima kasih banyak. bales di email aja..

  42. klo printer eson saya lampu merah gmbr tinta nya yang nyala terus, klo untuk memperbaikinya biasanya gimana bwt masalah yang kyk gitu…???
    please help me!!!

  43. KALAU R230 NGEPRIN POLOS……. PALING SERING MAINBOARD YANG JEBOL…ITU PENGALAMAN….COBA CEK F1 ATAU F2 DI MAIN BOARD LALU UKUR DENGAN TESTER KALAU PUTUS DIJAMPER AJA……..SELAMAT MENCOBA…….;

  44. KALAU LAMPU TINTA NYALA TERUS DAN MINTA GANTI TINTA CYAN ATAU YG LAIN COBA GANTI CHIB YG HITAM ATAU KALAU MULAI PRINT TERUS GENERAL ERROR COBA GANTI CHIB HITAM

  45. kalau rol nya ngak mau mutar apa nya y mbah

  46. mas printer ku r230, kalo lg nyetak tinta light cyan nya tidak keluar, udh di cleaning & nozzle check masih tidak keluar, tp kalo nozzle chek pake program resetter bisa keluar, mohon bantuannya, trims…….

  47. printer tinta light magenta r230 g’ mo keluar..klo di nozzzzzkle cek garis na putus..udah di claning tp masih putus2 juga…tolong solusinya gimana????

  48. rekan2… yang bisa bongkar head printer r230 sharing donk…… printerku headnya dah waktunya ganti. tapi ongkosnya mahal kalo ke tukang servis.

  49. Ass. wr.wb
    Prmisi, mw nmpng tnya ni
    klo printer r230 mati total gmna ?
    kabelnya pun sudah di cek, tp tdk ada yg brmslh.
    Mohon Infonya, mkasih :)

  50. mas saya pnya R230..napa stiap wat prin hasil gambarx warna kuning selalu pecah…lau g’ gtu ada garis-garis putihnya…??
    mohon dibantu…

  51. itu coba di head cleaning. trus cek nozlenya

  52. gak mahal broooo. mendingan bawa ke service center aja. lebih jelas

  53. kalau seperti itu biasanya headnya memang udah rusak

  54. ganti rollnya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

